Awas, Konser Nggak aman!

Friday, January 12, 2007

Lagu-lagu bagus sudah banyak beredar dan band-band baru banyak bermunculan. Secara visual tentu ini makin seru saja jadinya. Hanya saja perlu diingat terus jangan sampai lengah ketika nonton konser. ada beberapa hal yang harus dijadikan perhatian ekstra:
1. Venue
Nggak bisa dipungkiri kelemahan utama konser musik di Indonesia adalah tidak adanya Venue yang memadai. seringkali konser digelar di GOR atau stadion yang dari segi keamanan dan kenyamanan jelas minim sekali. Venue yang seperti ini harus diwaspadai. Kalaupun terpaksa mendatangi Venue kayak ini, pastikan tahu spot-spot aman di dalamnya.
2. Penyelenggara
Venue yang tidak layak jadi tempat gelaran konser bakal makin parah kalau penyelenggara konsernya tidak beres. Bisa dilihat dari ada tidaknya persiapan apapun buat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, atau cuma disiapin seadanya. Kalau dilihat dari petugas keamanan kurang serta fasilitas keselamatan tambahan macam barikade dan pintu darurat tidak tersedia, pikir-pikir lagi deh buat nonton konsernya.
3. Penonton
Sudah jadi rahasia umum kalau kebanyakan penonton konser di Indonesia memiliki perilaku buruk. Ada yang nekat bikin onar kalau tidak bisa nonton konser secara gratisan. Atau pada konser yang gratisan pun mereka bisa saja menyulut kerusuhan. Dulu anggapannya cuma penonton konser rock saja yang kayak begini. Sekarang konser yang tidak nge-rock sekalipun sama saja ulahnya. Hati-hati kalau bertemu penonton seperti ini.
Kesiapan Diri
Ketiga faktor eksternal di atas akan terasa atau tidak terasa pengaruhnya kalau kita sendiri siap banget dengan segala kemungkinan. Pastikan dulu sebelum nonton konser kita dalam kondisi sehat. Karena kalau tidak fit kita tidak cuma bikin repot pihak lain, tapi juga kita sendiri.

0 comments