Kini Bahasa Jawa Menjadi Asing

Friday, January 19, 2007

Penggunaan bahasa Jawa oleh generasai muda saat ini semakin berkurang. Hal ini karena minimnya pembiasaan bahasa Jawa di keluarga dan komunikasi di masyarakat yang tak lagi banyak menggunakan bahsa Jawa, bahsa daerah ini pula lama-kelamaan cenderung menjadi bahasa asing bagi kaum muda.
Anak-anak sekolah tidak terbiasa berbicara dalam bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari. Bahasa pergaulan yang dipakai anak-anak sekolah sekarang pun sudah lebih banyak menggunakan bahasa Jawa. Sebagian bahasa Jawa dianggap sebagai bahasa kuno sehingga mereka tak tertarik mempelajari ataupun menggunakannya. Bahasa Jawa menjadi bahasa asing disebabkan karena minimnya pengetahuan mereka tentang kosakata Jawa. Di dalam bahasa Jawa memang terdapat perbedaan dalam penulisan dan pengucapan yang kadang menyulitkan.
Perlu adanya upaya agar bahasa Jawa tidak membuat bahasa ini makin asing dan cenderung tidak diminati kaum muda, yakni dengan mencoba berbagai inovasi pengajaran di sekolah khususnya muatan lokal, penyampaian nilai tradisi atau filosofi Jawa juga perlu dilakukan. Lunturnya etika Jawa ini cukup ironis jika melihat fakta bayak orang asing yang mempelajari dan meggunakan bahasa jawa dengan baik.

3 comments

Anonymous said...

nderek mampir... mugi2 saged boso jawi kanthi sae... :D

5:04 PM
mel@ said...

wah... bisa dimasukin di CV dong... kan menguasai bahasa asing juga... :P

7:56 PM
Theresia Maria said...

aku dah bertahun-tahun hidup di Belanda juga bahasa Jawaku masih medok, palagi kalo ketemu orang2 Suriname. Mereka seneng kalo ketemu orang Jawa hehehe....lha ngomong Jowo iku gayeng!

3:33 PM