Babel, Film multipot

Friday, January 12, 2007


Film ini dibikin sama Alejandro Gonzalez Inarritu yang bersal dari Meksiko. Inarritu punya ciri khasnya sendiri bikin film. seperti Quentin Tarantino yang hobi mengumbar kekerasan, Inarritu juga hobi membuat film cerita dalam cerita yang kadang bikin pusing. Ciri khas Inarritu setiap kali menyutradarai film, membuat lebih dari satu kisah yang berbeda dalam satu film. Kisah-kisah yang berbeda itu saling dihubungkan oleh sebuah benda, atau sebuah kejadian.
Lazimnya pola pikir seperti ini disebut dengan multiplot. Kalo mau liat contoh karyanya yang lain dan sama-sama menggunakan pendekatan multiplot yaitu film 21 grams, dan Amores Perros. Atau coba liat film Crash yang jadi film terbaik Oscar 2005. Film garapan Paul Haggis itu adalah salah satu contoh film dengan multipot.
Di film ini kita disodorkan tiga buah cerita di dlam satu film. Dari dingin dan terjalnya pegunungan Maroko, pindah ke belantara gedung bertingkat di Jepang, lalu pindah lagi ke dalam petualangan Amerika dan Meksiko. Semua itu dihubungkan dengan sebuah senapan berburu Winchester.
Babel sendiri mengacu pada sebuah legenda yang berkisah tentang pembangunan sebuah menara yang menyimbolkan pada kesombongan dan keangkuhan manusia. Kisah yang disebut-sebut dalam Kitab Kejadian ini bercerita tentang kesombongan Nimrod, anak cucu nabi Nuh di jaman Babilon kuno. Ceritanya Nimrod ingin membangun sebuah menara yang sangat tinggi samapai menyentuh langit, dan menjadi jalan manusia ke surga. tuhan yang tidak suka dengan rencana Nimrod kemudian menurunkan azabya kepada siapa saja yang mengerjakan menara tersebut. Setiap yang mengerjakan menara itu dikacaukan bahasanya dan dijatuhkan tuhan dari atas menara, berbagai belahan dunia. Hal ini juga yang menjadi legenda awal terbentuknya keragaman bahasa di dunia. Karena pada awalnya semua manusia berbicara dengan bahasa yang sama.
Apa hubungannya judul film ini dengan legenda tersebut? Inarritu membagi filmnya dalam tiga kisah, dengan bahasa lokal di masing-masing kisah. Jadi jangan heran kalo sepanjang film kita akan ketemu dengan 4 bahasa yang berbeda.

0 comments