Tentang Sesuatu Obsesi..

Friday, January 12, 2007

Obsesi? Obsesi kalau dijelaskan dari sudut pandang ilmu psikologi adalah sebuah ide atau gagasan yang muncul dari harapan, khayala atau imajinasi, dengan intensitas yang luar biasa, hingga mempengaruhi mental dan emosi kita. Jadi, ketika ide atau gagasan tersebut muncul, setiap saat jadi kepikiran...,kepikiran..., dan tambah kepikiran.
Nah, kalau ngomongin soal obsesi, sampai sekarang orang yang punya masih sering dianggap tidak normal. Pasalnya sebagian besar dari kita kadung punya persepsi yang negatif terhadap kata obsesi. Obsesi dianggap sebagai seuatau ynag tidak rasional, yang ujung-ujungnya bikin orang jadi..."Gokil"!!!
Tidak bisa disalahin juga sih. Karena kadang ide atau gagasan yang muncul emang suka ajaib dan nggak masuk akal. Obsesi biasanya membuat andrenalin terpacu hingga melejitkan semangat sampai ke titik puncak, lalu diikuti timbulnya dorongan yang besar dari dalam diri untuk berusaha sekuat tenaga. Tapi, di satu sisi obsesi juga berpotensi bikin seseorang jadi self centre. Terlalu yakin dengan kemampuan diri sendiri.
Dampak buruknya, obsesi bisa membuat mental dan emosi kacau balau. Bikin diri jadi lose control abis-abisan. Tidak punay kebesaran hati dalam menerima kegagalan, melakukan tindakan yang agresif dan tidak lazim secara terulang-ulang, dll. So, kesimpulannya punya obsesi itu tidak salah. Dan, punya obsesi bukan berarti tidak normal.

0 comments