Tips Memilih Bank yang Sehat

Thursday, March 29, 2007


Sebagai nasabah tentu saja Anda harus hati-hati dalam memilih bank tempat menyimpan dana. Janganlah terbuai oleh iming-iming bunga tinggi yang tidak masuk akal. Yang terpenting Anda sebaiknya juga mempertimbangkan beberapa faktor lain, khususnya siapa dan bagaimana manajemen yang mengelola bank tersebut. Berikut 5 tips dalam memilih bank yang layak, yaitu :

1. Aman
Apakah bank tersebut dikelola oleh manajemen yang prfesional dan prudent? Artinya, apakah dana Anda akan dikelola secara hati-hati oleh manajemen bank? Salah satu buktinya adalah bank tersebut telah diberi sertifikasi manajemen mutu ISO 9001 dari lembaga yang berwenang.

2. Transparan
Manajemen bank tersebut selalu jujur memaparkan kinerjanya sehingga comapny profile selalu tersedia dan dapat diketahui oleh nasabahnya.

3. Reputasi baik
Bank yang baik antara lain telah berdiri cukup lama dan pihak manajemen bank sudah teruji memiliki reputasi yang baik selama kurun waktu yang cukup lama.

4. Bunga memuaskan dan wajar
Harus diingat bahwa selain memuaskan, suku bunga haruslah wajar. Jangan terbuai iming-iming bunga tinggi tetapi kita tidak mengetahui kemana dana tersebut disalurkan.

5. Penyaluran dana
Apakah dana Anda akan disalurkan dalam bentuk kredit ke usaha mikro, kecil dan menengah (UKM)? Mengapa penting? Karena jika Anda dapat menghidupkan usha mikro, kecil dan menengah tersebut, maka secara tidak langsung juga membantu meningkatkan pemasukan pada usaha yang Anda geluti. Jadi selain pendapatan bunga langsung, Anda juga dikarunia dengan pendapatan tidak langsung dari dana yang Anda tanam tersebut. Hal ini berarti paling tidak memberikan manfaat ganda bagi Anda.

Selamat Memilih!

0 comments